Selasa, 07 Februari 2012

Kesehatan

Diposting oleh Syalalala^^ di 01.24
Topik kali ini adalah salah satu topik yang gua liat sangat-sangat up to date belakangan ini.Liat aja sekarang semua orang berlomba-lomba pengen punya badan ideal makanya gym menjamur dimana-mana, belum lagi gua sering banget denger (atau baca blog) orang-orang yang pengen banget diet untuk nurunin berat badan…
Tapi siapa juga gua ini kok berani-beraninya ngasih tips untuk dapetin badan ideal? Emangnya gua gak ngaca apa? Pasti banyak dah yang mikir gitu… Ya kan?? Hayoo ngaku… :P Sirik aja ah kalian…:D
Gak lah, gua nyadar diri kok.karna gua anggota pasukan "KUTILANG DARAT" alias "KUrus TInggi LANGsing DAn RAta .. ".ya tentu gua nyadar lah kalo bentuk badan gua pun belum ideal.

Nih nih pasti pada ngidam-ngidamin tubuh seperti ini kan ?cihiyyy!JLEB;;… :D
Gimana? keliatan dong ya six pacs nya… Hehehe.


INCREASE YOUR METABOLIC RATE
13 Keys to a Leaner Body
13 ternyata bukan angka sial asalkan 13 nya anda pilih secara bijak untuk tujuan yang baik, apalagi bila ternyata malah dapat membantu anda mencapai bentuk tubuh proporsional dan tingkat lemak tubuh yang tak berlebih.
Sebagian orang kadang berpikir bahwa proses pembentukan otot adalah entitas yang terpisah dari proses pembakaran lemak, padahal sebetulnya keduanya merupakan komponen yang saling terkait. Makin baik komposisi otot tubuh anda, maka akan makin efisien tubuh anda dalam membakar lemak. Sederhana dalam teori, tetapi dalam kenyataannya ini merupakan salah satu pekerjaan yang paling sulit untuk diselesaikan dengan sempurna. Suatu proses yang mengkombinasikan disiplin dan pengetahuan.
Untuk hasil yang baik, seseorang wajib berusaha untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuhnya untuk dapat secara efisien menggunakan lemak sebagai sumber energi sembari mempertahankan tingkat optimal daripada massa otot.
Peningkatan metabolisme dapat dicapai melalui kombinasi beberapa protocol yang dapat anda jalankan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari sebagai gaya hidup anda, gaya hidup yang sehat dan dijamin dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh anda.
Berikut adalah 13 tips yang dapat anda ikuti untuk hasil optimal peningkatan metabolimse tubuh.
1. Hindari konsumsi karbohidrat berlebihan. Karbohidrat yang dikonsumsi melebihi kebutuhan energi yang dibakar untuk aktifitas fisik dan mental akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan gula dan lemak. Akumulasi kelebihan karbohidrat hari demi hari akan membuat tubuh anda memiliki kecenderungan menyimpan lemak dan memperlamban tingkat metabolisme tubuh.
2. Lakukan latihan beban 3-4 kali seminggu secara rutin dengan intensitas yang baik, untuk optimasi pembentukan dan kekencangan otot. Jumlah otot yang proporsional akan membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Ingatlah bahwa makin baik komposisi otot tubuh anda, maka akan makin efisien tubuh anda dalam membakar lemak!
3. Tingkatkan frekuensi makan hingga 4-5 kali sehari dalam porsi kecil atau moderat. Kegiatan mencerna makanan merupakan kegiatan fisik yang membakar kalori. Pada saat makan, tingkat suhu tubuh dan tingkat metabolisme anda akan meningkat secara kontemporer.
4. Cermati dan pahami adanya bentuk gula atau karbohidrat sederhana lainnya yang juga dapat memperlamban tingkat metabolisme tubuh anda. Bahan pangan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, kentang, jus buah, roti putih, makanan berbasis tepung terigu, bahkan produk serealia sedikit banyak mengandung sumber karbohidrat sederhana dengan indeks glikemik tinggi (setara gula) dan dapat berpengaruh negative pada tingkat metabolisme layaknya pengaruh konsumsi gula.
5. Jangan pernah terlambat makan atau merasa terlalu kelaparan. Kondisi tersebut dapat memperlamban tingkat metabolisme anda dan meningkatkan nafsu makan anda.
6. Kegiatan latihan cardiovascular seperti berjalan pagi dan berlari pagi dengan pola interval merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh secara kontemporer. Lakukan aktivitas cardiovascular tersebut di pagi hari setelah bangun tidur dalam kondisi perut kosong selama 30-45 menit untuk dapat secara optimal membantu membakar lemak tubuh.
7. Pastikan anda mencukupi kebutuhan akan asam lemak tak jenuh seperti Omega 3 di dalam pola makan yang anda jalani. Tubuh manusia membutuhkan lemak untuk proses pembakaran lemak yang efisien, tapi tentunya anda perlu memilih sumber lemak yang baik bagi tubuh seperti Olive oil, konsumsilah dengan menjadikannya sebagai dressing pada salad, bukan dengan menggoreng. Hindarkan konsumsi lemak jenuh dan gorengan.
8. Minum banyak air putih. Kondisi tubuh yang kekurangan air atau dehidrasi adalah kondisi yang sangat katabolic dan dapat memperlamban tingkat metabolisme tubuh anda.
9. Usahakan untuk selalu aktif secara fisik, lawanlah rasa malas, pilihlah kegiatan yang membuat anda melakukan kegiatan fisik, seperti: ketimbang menggunakan lift untuk naik ke lantai dua, pilihlah menggunakan tangga.
10. Cukupi kebutuhan tubuh akan bahan pangan yang kaya kandungan serat (sangatlah penting khususnya pada saat anda mengurangi asupan karbohidrat!).
11. Lengkapi profil gizi nutrisi anda dengan suplementasi multivitamin dan mineral yang seimbang untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.
12. Beberapa bentuk suplementasi dapat pula membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh karena sifatnya yang termogenik (meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung serta system pusat syaraf), seperti konsumsi caffeine, yohimbe, dan asam amino tyrosine. Bijaksanalah dalam dosis penggunaannya dan ikutilah petunjuk pada kemasan, serta konsultasikan dahulu kepada dokter anda sebelum mempergunakannya.
13. Cukupi kebutuhan tidur anda untuk memastikan produksi alami akan GH (growth hormone). GH diproduksi secara optimal pada saat anda berlatih beban dengan intensitas tinggi serta pada saat anda tidur_karena tingkat GH yang optimal akan menjadikan tingkat metabolisme tubuh anda makin efisien.
Dengan menjalankan 13 tips di atas, anda telah berada pada jalur yang benar menuju tingkat metabolisme yang optimal. Kombinasikan seluruh aspek di atas, baik dalam pola makan, pola latihan dan suplementasi secara disiplin dan konsisten. KONSISTENSI adalah kunci sukses daripada langkah anda menuju tingkat metabolisme yang optimal.
Bersabarlah dan disiplin menjalankan program ini, saat anda menuai hasilnya, anda akan sangat mengagumi apa yang anda lihat di cermin. :) Dan tiba saatnya nanti anda dapat berucap pada diri sendiri “Enjoy! You have earned it through your hard works.”
**********
Nah, gimana… Sekarang setelah udah ngebaca tips nya, tinggal diamalkan aja… Jadi intinya untuk bisa dapetin badan ideal, yang penting adalah gimana kita bisa mengoptimalkan metabolisme kita. Ya dengan menjalankan 13 tips di atas. Mudah-mudahan dengan mengoptimalkan metabolisme tubuh, berat dan bentuk badan ideal bisa segera didapatkan. :D
Sekedar tambahan dari gua. Kalo dari yang gua liat-liat ya, sebenernya ada lagi faktor penunjang yang sangat penting disini. Yaitu niat! Niat yang bulat sebulat-bulatnya dan dari hati yang paling dalam. Bukan niat yang cuma sesaat karena ada iming-iming atau karena ikut-ikutan.

Kadang gua ngeliat ada artis-artis yang diet ini diet itu, sampe pake ke dokter segala, atau catering makanan dari pusat diet tertentu, ya trus emang jadi kurus, tapi karena emang dasarnya niatnya cuma sesaat, setelah berapa lama ya gemuk lagi. Karena gak di-maintain.
Nah ini yang jadi PR buat kita semua (termasuk gua tentunya), untuk bisa ngerubah gaya hidup kita (pelan-pelan tentunya, biasanya kalo apa-apa yang drastis malah gak long lasting ya) untuk bisa mengarah ke hidup yang lebih sehat. Soalnya toh akhirnya yang menikmati hasilnya juta kita sendiri… Betul gak? :D
PS. Btw ada 1 lagi kalo pengen berat badannya turun cepet. Tingkatkan stress! Hahaha.  :P
  Kalo ada yang mau tanya-tanya seputar diet atau fitness silakan tanya di komentar.
semoga bermanfaat ya guys ?!!!!!!! ^_^ http://armantjandrawidjaja.wordpress.com/2010/11/14/tips-mendapatka-berat-amp-bentuk-badan-ideal/

0 komentar:

Posting Komentar

 

BUAT KESEHATAN KITA ^_^ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting